Fakta – Fakta Yang Terjadi Jelang Euro 2021 Sejauh Ini

10/05/2021 Kategori : Tentang Euro2021

Tags: , , , , , , ,

infoeuro2021Fakta – Fakta Yang Terjadi Jelang Euro 2021 Sejauh Ini, kemenangan atas pandemi virus corona menjadi kemenangan yang diupayakan di seantero dunia, tak terkecuali ranah sepak bola.

Fakta Menarik Jelang Euro 2021 Menjadi Perhatian Natizen

Demi keselamatan bersama, berbagai kompetisi dan aktivitas sepak bola dihentikan. UEFA merespons dengan menunda Piala Eropa 2020. Tak tanggung-tanggung, penundaannya berdurasi 12 bulan. Singkat kata, Piala Eropa baru bisa digelar pada 2021.

Berikut kumparanBOLA merangkum beberapa catatan terkait Piala Eropa 2021.

  • Piala Eropa 2020 menjadi Piala Eropa 2021

Putaran final Piala Eropa tadinya dijadwalkan digelar pada 12 Juni sampai 12 Juli 2020. Masalahnya, virus corona sudah menjadi pandemi global.

Artinya, wabah ini menyerang seluruh dunia, tidak terkecuali negara-negara peserta dan tuan rumah Euro 2020. Jangan lupa juga bahwa Piala Eropa kali ini bakal digelar di 12 kota di 12 negara anggota UEFA berbeda.

Memaksakan Euro tetap digelar sesuai rencana awal bukan cuma tidak adil, tetapi juga tidak logis. Ada banyak negara yang menerapkan kebijakan karantina wilayah (lockdown).

UEFA merespons dengan mengadakan rapat via teleconference dengan 55 asosiasi negara, European Leagues, dan European Club Association (ECA) pada Selasa (17/3/2020). Rapat koordinasi ini tentu saja dilangsungkan untuk menentukan nasib Euro 2020.

  • Perubahan jadwal play-off

Perubahan putaran final Piala Eropa berakibat pada jadwal play-off. Kembali bicara skenario ideal, babak playoff akan dimulai pada awal Juni 2020.

Per Kamis (19/3/2020), UEFA belum memberikan tanggal pasti kapan babak tersebut dimulai. Sebagai perbandingan, tadinya babak play-off direncanakan digelar pada 26 Maret sampai 31 Maret 2020.

Saat ini, ada 16 negara yang terbagi dalam empat path di babak play-off tersebut. Siapa yang menjadi juara path, dialah yang berhak mengisi empat slot tersisa di putaran final.

Path A diisi oleh Islandia, Bulgaria, Hungaria, dan Romania. Path B terdiri dari Bosnia-Herzegovina, Slovakia, Republik Irlandia, dan Irlandia Utara.

Path C terdiri dari Skotlandia, Norwegia, Serbia, dan Israel. Path D diisi oleh Georgia, Makedonia Utara, Kosovo, dan Belarusia.

  • Putaran final tetap digelar di 12 kota di 12 negara

Ke-12 kota tersebut adalah: Roma, Baku, Saint-Petersburg, Kopenhagen, Amsterdam, Bucharest, London, Glasgow, Bilbao, Dublin, Muenchen, dan Budapest.

Secara garis besar, pembagian venuenya akan menjadi seperti inii:

Grup A: Roma (Italia) dan Baku (Azerbaijan)

Grup B: Saint-Petersburg (Rusia) dan Kopenhagen (Denmark)

Grup C: Amsterdam (Belanda) dan Bucharest (Rumania)

Grup D: London (Inggris) dan Glasgow (Skotlandia)

Grup E: Bilbao (Spanyol) dan Dublin (Republik Irlandia)

Grup F: Muenchen (Jerman) dan Budapest (Hongaria)