False 9 ala Luis Enrique Gagal Kalahkan Italia

07/07/2021 Kategori : Hasil Pertandingan Tentang Euro2021 Uncategorized

Tags: , , ,

infoeuro2021 – Timnas Spanyol memang mendominasi di Wembley Stadium pada Rabu (7/7) dini hari tadi WIB, walaupun hasil akhir di waktu normal imbang 1-1 setelah Alvaro Morata menyeimbangkan skor yang dibuka oleh Federico Chiesa.

Tadi malam Enrique mengambil keputusan mengejutkan dengan mencadangkan Morata sejak menit pertama, dan bermain tanpa seorang striker murni, alias taktik false 9.

Pelatih Italia, Roberto Mancini, mengakui bahwa itu cukup  merepotkan bagi timnya dan Luis Enrique menjelaskan mengapa ia bermain dengan taktik ini.

“Saya melihat apa yang dilakukan oleh [Giorgio] Chiellini dan [Leonardo] Bonucci terhadap [Romelu] Lukaku, dan berpikir bahwa mungkin akan lebih baik untuk bermain tanpa titik acuan, menambah seorang pemain lagi di lini tengah. Itu adalah rencana yang bagus, kami membuat Italia tertekan dan bermain dengan sangat baik,” katanya kepada RAI Sport.

“Saya mengucapkan selamat kepada Italia, dan berharap mereka dapat menampilkan performa bagus lainnya di Final, mencoba memenangkan trofi,” ungkapnya.

“Saya tidak menyesal. Setiap orang harus melakukan pekerjaannya dan melakukan semua yang dia bisa. Italia memulai dengan intensitas yang luar biasa, begitu pula kami, itu seperti dua mobil sport yang saling berlomba, head-to-head, dan beberapa sepak bola terbaik yang pernah kami lihat di Euro,” lanjutnya.

Luis Enrique tampaknya akan benar-benar menghentikan Roberto Mancini dengan menggunakan False 9, meninggalkan Alvaro Morata dan Gerard Moreno di bangku cadangan yang dia akui terinspirasi dengan melihat Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci membuat Lukaku tak berkutik ketika mengalahkan Belgia 2-1 di perempatfinal.

Dia menghabiskan satu musim di Italia sebagai pelatih AS Roma dan memberi hormat kepada Daniele De Rossi yang sekarang menjadi anggota staf Mancini, sebelum kick-off di Wembley.

“Itu tidak akan bagus untuk Inggris, tapi ya, saya akan mendukung Italia di Final,” pungkasnya.

 

Taktik Fakse 9 Pernah Digunakan Spanyol ketika Mengalahkan Italia di Final Euro 2012

Seperti dilansir dari Football Italia, di final Euro 2012 Spanyol memainkan Cesc Fabregas di lini depan bersama Andres Iniesta dan David Silva. Fabregas bermain lagi sebagai false 9, sama seperti saat melawan Italia di laga pembuka.

Sebelumnya di laga semifinal kontra Portugal, Vicente Del Bosque menurunkan striker di formasi 4-3-3, yakni Alvaro Negredo.

Hasilnya waktu itu Spanyol menang telak 4-0 atas Italia. Sayang seribu sayang, kali ini Spanyol gagal mengulang kesuksesan tahun 2012 lalu.

 

Luis Enrique

Luis Enrique, Pelatih Timnas Spanyol