Ronaldo Bukan Lagi Idaman Spanyol Jelang Piala Eropa 2021

28/04/2021 Kategori : Tentang Euro2021

Tags: , , , , , , , , , , , ,

infoeuro2021 – Ronaldo bukan Lagi Idaman Spanyol Jelang Piala Eropa 2021, sudah satu tahun lebih berlalu sejakterakhirnya kali Portugal menelan kekalahan, yakni pada Oktober 2019 lalu.

Ronaldo Terancam Tak Lagi  Mendapat Pujian Ketika Membela Timnas Spanyol

Ronaldo pertama kali bermain pada turnamen internasional pada tahun 2004 silam. Dia masih 19 tahun, bukan bintang utama, dan harus belajar dari nama-nama top seperti Luis Figo, Rui Costa, dan Deco.

10 tahun berselang, Ronaldo mengapteni Portugal di ajang Piala Dunia 2014. Pada saat itu Portugal sudah sangat bergantung dengannya. Ronaldo hampir tidak pernah absen.

Ketergantungan ini tidak salah, bagaimanapun El Bicho merupakan pemain terbaik di dunia, tapi tidak sepenuhnya benar pula. Dampak buruknya adalah Portugal main buruk setiap kali Ronaldo tidak bisa turun.

Selecao menjelma jadi salah satu tim tangguh usai menjuarai Euro 2016 silam.

Trofi itu bukan hanya gelar major pertama untuk Portugal. Di saat yang sama, gelar ini pun menandai berakhirnya ketergantungan Portugal terhadap kapten megabintang mereka, Cristiano El Bicho.

Kala itu, di partai final kontra Prancis, El Bicho terpaksa ditarik keluar karena cedera. Dia hanya bisa mendukung rekan-rekannya dari tepi lapangan, yang berakhir dengan kemenangan 1-0.

Kini, Portugal telah melewati masa-masa sulit tersebut. Sang pelatih, Fernando Santos, boleh percaya diri mencadangkan El Bicho ketika situasinya tidak mendukung dan timnya yang turun di lapangan akan tetap tanggung.

Santos punya beberapa penyerang muda yang mulai memukau seperti Diogo Jota, Bruno Fernandes, Joao Felix, Fernando Silva, bahkan Trincao.

Ronaldo memang masih ada dan masih penting, tapi sekarang dia bisa berbagi beban mencetak gol dan beban menang. Dia tidak sendiri membidik trofi mayor lainnya untuk Portugal.

Dua tahun terakhir, Portugal pun terbukti bisa main apik tanpa Ronaldo. Mereka mencapai semifinal UEFA Nations League 2019 tanpa El Bicho , yang baru bermain di semifinal dan final.

Lalu musim ini, Portugal bisa terus menang ketika kehilangan El Bicho beberapa pertandingan karena virus corona. Portugal menang, bukti bahwa tidak lagi bergantung hanya pada Ronaldo.