Sejarah Inggris Gagal Raih Trofi Piala Pesta Sepak Bola Eropa

25/04/2021 Kategori : Tentang Euro2021

Tags: , , , , , , ,

infoeuro2021 – Sejarah Inggris Gagal Raih Trofi Piala Pesta Sepak Bola Eropa, dalam sejarah Piala eropa sejak 1985. Timnas inggris belum pernah sekalipun meraih trofi juara turnamen sepak bola antaranegara itu.

Sejarah Inggris Belum Pernah Meraih Trofi Piala Pesta Sepak Bola Eropa

Ketika Inggris mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah pada 1996, the Three Lions yang melaju ke semifinal gagal untuk bisa melangkah ke partai puncak karena sebuah eksekusi penalty yang gagal.

Kegagalan mencapai final Piala Eropa 1996 lantaran kegagalan Gareth Southgate, pemain bertahan Timnas Inggris saat itu yang kini justru akan menjadi pelatih kepala The Three Lions di Euro 2020 (Euro 2021).

Eksekusinya dalam drama adu penalti kontra Jerman di semifinal Euro 1996 gagal dan menjadi akhir perjalanan Alan Shearer dkk. di turnamen Eropa tersebut.

Padahal sejak awal turnamen digelar, sang tuan rumah tampil sangat baik dan tidak sekalipun mengalami kekalahan di fase grup. Dengan mengandalkan duet SAS, Shearer and Sheringham, di lini serang, The Three Lions saat itu punya komposisi pemain yang sangat bagus di Piala Eropa 1996.

Mulai dari bawah mistar gawang hingga lini depan, tim asuhan Terry Venables itu memiliki pemain-pemain terbaik di setiap lininya.

Dari 22 pemain yang dibawa, hanya dua pemain yang berkarier di luar Inggris, dan sisanya adalah pemain-pemain terbaik dari setiap klub yang berlaga di Premier League.

Terry Venables punya David Seaman di bawah mistar gawang. Kemudian ada Gary Neville, Tony Adams, Gareth Southgate, Stuart Pearce, Phil Neville, dan Sol Campbell dini pertahanan.

Belum lagi lini tengah yang diperkuat oleh Paul Ince, David Platt, Paul Gascoingne, Jamie Redknapp, dan pemain berkaki cepat, Steve McManaman.

Lini serang ada Alan Shearer dan Teddy Sheringham yang menjadi duet maut, dilapisi oleh Les Ferdinand dan Robbie Fowler saat itu. Bahkan Alan Shearer mampu menjadi top scorer Piala Eropa 1996 dengan torehan lima gol.

Dengan komposisi skuat tersebut, Timnas Inggris melaju dengan cukup meyakinkan hingga ke semifinal Piala Eropa 1996 dan harus menghadapi tim kuat, Jerman, pada babak tersebut.

The Three Lions mampu mengimbangi Jurgen Klinsmann dkk. Namun, akhirnya tim tuan rumah gagal menang di Wembley yang menjadi stadion kebanggaan masyarakat Inggris itu.