Tiga Kota Tuan Rumah Euro 2020 Masih Belum Mendapat Jaminan Penonton

21/04/2021 Kategori : Tentang Euro2021

Tags: , , , , , , , , ,

Infoeuro2021 – UEFA menunda keputusan mengenai jumlah penonton yang nantinya boleh datang ke stadion pada Piala Eropa 2020 pada tiga dari 12 stadion kota penyelenggara Euro 2020 (Euro 2021). Keputusan akan diumumkan pada Senin pekan depan. 3 kota Tuan Rumah Euro 2020 (Euro 2021), kabarnya masih belum mendapatkan jaminan soal penonton yang nantinya boleh datang ke stadion. Pandemic virus COVID 19 memang membuat dunia sepakbola setahun belakangan ini kesulitan. Penonton dilarang hadir dan menyaksikan pertandingan secara langsung untuk menekan penyebaran virus covid 19 ini. Untuk kompetisi euro nanti, ada sekitar Sembilan stadion yang sudah mendapatkan izin untuk dimasuki sekitar 25 persen kapasitas penonton di stadion tersebut. Wembley misalnya, bisa menampung kurang lebih 22.500 penonton pada Piala Eropa nanti.

3 KOTA TUAN RUMAH EURO 2020 BELUM DAPAT JAMINAN

Ajang terbesar sepak bola di eropa tentu saja membutuhkan yang namanya penonton untuk menyemangati dan memenuhi isi stadion. Namun, akibat pandemic covid 19 ini, membuat penonton sepakbola tidak boleh hadir di stadion dalam setiap pertandingan. Namun, baru baru ini, kabarnya ada 9 stadion yang sudah mendapatkan izin untuk dimasuki oleh penonton. Meski tidak sepenuhnya, namun ini menandakan bahwa beberapa penonton sudah boleh masuk ke dalam arena stadion. Jumlah penonton tentu menyesuaikan dari kapasitas tempat duduk yang ada di tiap stadion. Oleh karena itu, tiap stadion bakal berbeda-beda karena yang jadi acuan adalah persentase dari kapasitas stadion itu sendiri.

Namun demikian, ada tiga kota penyelenggara Piala Eropa yang belum ditentukan dan masih belum dapat jaminan soal penonton. Mereka adalah Munich (Jerman), Bilbao (Spanyol), dan juga Dublin (Republik Irlandia). Bilbao dan Dublin dijadwalkan menjadi tuan rumah untuk tiga pertandingan fase grup dan satu babak 16 besar piala eropa ini. Sementara Munich akan menggelar tiga laga plus satu partai perempat final di ajang piala eropa. Anggota Exco FIFA sekaligus kepala komite kota penyelenggara Piala Eropa, Alexey Sorokin, menegaskan bahwa turnamen ini seharusnya disaksikan oleh penonton. Namun, untuk ke 3kota ini, dia masih belum mendapatkan jaminan diperbolehkannya penonton memasukki stadion nantinya. Ia terus mencoba mencari cara agar keinginan tersebut bisa terwujud.

ANTISIPASI UEFA

Sorokin, biar bagaimanapun, telah menyiapkan skema darurat jika memang sewaktu-waktu pandemi virus corona makin parah di kota penyelenggara yang menyelenggarakan piala euro ini. Selain menerapkan protokol kesehatan yang super duper ketat di tiap venue, pihaknya siap mematuhi peraturan pemerintah setempat sekalipun bakal ada kekecewaan dari penonton yang mungkin sudah hadir di kota penyelenggara ini. Stadio Olimpico bakal jadi model percontohan karena menggelar laga pembuka Piala Eropa 2020. Adapun pertandingan perdana yang akan dihelat pada 11 Juni 2021 yang akan mempertemukan antara turki melawan italia.